Share/Bookmark

Cube Oranye Lyon Building









Cube Oranye Lyon Building

Desain: Jakob & Macfarlane Arsitek

Ambisi dari proyek perencanaan kota untuk zona pelabuhan tua, dikembangkan oleh VNF (Voies Naviguables de Perancis) dalam kemitraan dengan Caisse des depot dan Sem Confluence Lyon, adalah untuk menginvestasikan kembali dermaga Lyon di sisi sungai dan warisan industrinya, membawa bersama-sama arsitektur dan program budaya dan komersial.
Dermaga ini, awalnya terbuat dari gudang (la Sucrière, les Douanes, les Salins, la Capitainerie), crane, elemen fungsional terikat pada sungai dan alirannya, bermutasi menjadi wilayah eksperimentasi dalam rangka menciptakan pemandangan baru yang diartikulasikan menuju sungai dan bukit-bukit sekitarnya.

Proyek ini dirancang sebagai «kubus» ortogonal yang sederhana menjadi sebuah lubang raksasa diukir, menanggapi kebutuhan gerakan cahaya, udara dan pemandangan. Lubang ini menciptakan kehampaan, menusuk bangunan horizontal dari sungai ke dalam sisi dan ke atas melalui atap teras.

Kubus, di samping aula yang ada (bangunan Salins, terbuat dari tiga archs) menyoroti otonominya. Ini dirancang pada kerangka kerja yang teratur (29 x 33m) terbuat dari pilar beton pada 5 tingkat. Sebuah façade cahaya, dengan bukaan tampaknya acak selesai oleh yang lain façade, ditusuk dengan pola mabuk yang menyertai pergerakan sungai. Warna oranye mengacu untuk memimpin cat, warna industri sering digunakan untuk zona pelabuhan.
Dalam rangka untuk menciptakan kekosongan, Jakob + MacFarlane bekerja dengan serangkaian gangguan volumetrik, terkait dengan pengurangan tiga "kerucut" volume dibuang pada tiga tingkatan: sudut façade, atap dan tingkat entri. Gangguan ini menghasilkan ruang dan hubungan antara bangunan, penggunanya, situs dan pasokan cahaya, di dalam program kantor umum.

Yang pertama adalah gangguan didasarkan pada hubungan visual langsung dengan struktur melengkung aula, kedekatan dan menopang bentuk. Hal ini memungkinkan untuk menghubungkan dua elemen arsitektur dan untuk menciptakan ruang baru pada ketinggian ganda, dilindungi di dalam gedung.

Sebuah kedua, jelas satu elips, istirahat keteraturan struktural dari struktur tiang-girder pada empat tingkat pada tingkat sudut façade yang memberikan di sisi sungai. Ini perforasi, hasil dari pertemuan dua kurva, menetapkan hubungan diagonal menuju sudut. Ini menghasilkan sebuah atrium besar di kedalaman volume, dikelilingi oleh serangkaian koridor terhubung ke platform kantor. Rencana façade karenanya bergeser ke arah interior, membangun hubungan baru untuk cahaya dan melihat, baik dari interior dan eksterior. Hal ini menciptakan hubungan yang sangat dinamis dengan perubahan geometri bangunan yang sesuai dengan posisi penonton. Platform tersier manfaat dari cahaya dan pandangan pada tingkat yang berbeda dengan balkon yang dapat diakses dari setiap tingkat. Setiap platform menikmati semacam baru keramahtamahan melalui akses di balkon dan pandangan, menciptakan ruang untuk pertemuan dan pertukaran informal. Penelitian untuk transparansi dan transmisi cahaya yang optimal pada platform berkontribusi untuk membuat ruang kerja lebih elegan dan ringan.

Lantai terakhir memiliki teras besar di latar belakang dari yang satu dapat mengagumi panorama utuh di Lyon, la Fourvière dan Lyon-Confluence.

Proyek ini merupakan bagian dari pendekatan pembangunan berkelanjutan dan menghormati prinsip-prinsip berikut:

Optimasi konsepsi façade memungkinkan untuk mendamaikan kinerja termal dan kenyamanan visual dengan Disk <0,7 W / m2 K dan faktor siang hari sebesar 2% untuk hampir jumlah kantor, produksi termo frigorific melalui pompa panas pada permukaan air dan penggantian udara higienis baru dengan pemulihan kalori efisien tinggi dari udara diekstraksi.

Bangunan ini dihubungkan ke masa depan teras besar mengambang terhubung ke tepi sungai / dermaga.

Informasi Gedung :

 
Klien: Rhône Saône Développement
Tanggal: kompetisi 2005 - September 2010
Permukaan: 6300m2
Situs: Quai Rambaud, Lyon
Program: tersier
QS: Michel Forgue
ME: Alto Ingénierie
Akustik: Avel Acoustique
Struktur: RFR GO +
Façade: T.E.S.S

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 Mengenal Arsitektur Dunia | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER