Share/Bookmark

Nestlé Application Group









Nestlé Application Group

Queretaro, Meksiko

Dalam bukunya "de Atlántida hormigón", Reyner Banham berpendapat "koneksi kasual, sadar dan budaya, antara arsitektur modern dan struktur utilitarian industri suatu zaman industri yaitu pada  awal abad ke-20 , kembali konstan dan sebagainya didirikan antara arsitektur dan konstruksi industri - sampai saat ini terpinggirkan dalam Arsitektur - yang akan terus menjadi ciri arsitektur kontemporer Untuk menemukan kembali dunia industri adalah tugas yang telah dibayar kembali. Meletakkan pekerjaan yang telah dilakukan Rojkind Arquitectos untuk sepasang penambahan pabrik untuk Perusahaan Nestlé. Komisi pertama terdiri dari ruang depan untuk salah satu pabrik coklat di pinggiran Toluca, dekat Kota Meksiko, yang merupakan struktur dataran miring yang menempel ke pabrik yang akan berfungsi sebagai pusat inti untuk sebuah museum masa depan. Komisi kedua yang terletak di zona industri Queretaro, adalah sebuah laboratorium untuk pengembangan produk baru, pusat kemasan dan kantor pusat teknologi satelit untuk produk yang terletak di Maryville yang berfokus pada pengembangan produk minum baru.

Ini komisi yang terakhir disajikan sebuah tantangan tambahan selain hubungannya dengan fasilitas yang ada. Penunjukan UNESCO Queretaro pusat kota bersejarah sebagai situs warisan dunia pada tahun 1996, memiliki konsekuensi tak terduga yang bahkan diperluas ke pinggiran kota industri. Sebagai hasil dari penetapan ini, gedung baru adalah untuk memiliki sebuah teras melengkung, sebagai berakar dalam tradisi. Rojkind menanggapi tantangan ini dengan reinterpretasi tidak hanya lengkungan tetapi juga teras. Jika lengkungan tidak lain dari fragmen dari kubah, dalam vena yang sama, kubah adalah sebuah lengkungan diperkuat ketika berputar mengelilingi porosnya sendiri, kubah memenuhi kriteria referensi lengkungan tanpa mengubahnya menjadi klise. Dalam hal ini, serangkaian bidang berpotongan dan berkembang biak seperti buih membentuk asal ruang terbuka terus-menerus, sebuah serambi. Ruang ini memperluas sementara yang lain salah, terbuat dari kotak-kotak dibalut satin ortogonal cermin kaca, menahan perkembangan lingkungan dan rumah-rumah persyaratan program khusus untuk laboratorium.
Sementara eksterior buram, logam dan tak tertembus dalam penampilan, interior kotak ini dicat dengan warna yang berbeda, memiliki kualitas hampir teater kepada mereka: tampak seolah-olah para peneliti memakai jubah putih mereka mengambang di aliran kontinu blues, kuning atau hijau yang terputus oleh ruang angkasa berkelanjutan warna yang berbeda Kadang-kadang, ketika salah satu dari panel logam yang menutupi kotak mengungkapkan diri dan membuka seperti jendela, mereka dapat dilihat dari luar.

Pembangunan bangunan-bangunan (jika dibangun di lintang yang berbeda, teknologi yang lebih canggih kemungkinan besar akan memiliki telah digunakan untuk automatize produksi geometri unik dari bidang ini) tersirat terjemahan dari bentuk spasial yang harus dilakukan dalam konstruktif yang berbeda cara, dengan cara yang hampir sehari-hari yang sederhana, yang memungkinkan para pekerja lokal untuk membuat busa seperti ruang bola dari persimpangan fisik dari kubah bulat yang terbuat dari cincin rebar dan lengkungan.

Hasil akhir adalah serangkaian kontras yang telah bersatu dengan kesederhanaan jelas: warna eksterior metalik reflektif ringan satin sedikit kontras dengan  warna-warna cerah dan satin dari interior, yang pusatkan pada  kemiringan pesawat kontras kotak terhadap  jalinan bola. Kekuatan proyek ini mungkin disebabkan permainan ini berlawanan kontras, yang dalam cara yang dinamis dan berubah tergantung dari tampilan fisik pengamat, bisa menjadi karakteristik dominan dalam sesaat atau karakteristik diskrit di tempat lain. Sebuah konstruksi industri dipikirkan kembali dan diisi ulang dengan demikian mendapatkan kembali pemahaman tentang apa yang pada satu waktu itu menawarkan Arsitektur: kejelasan dan kekuatan.


Informasi Gedung :

KONSTRUKSI: 700 meter persegi
PROGRAM: Laboratorium, Kantor, Auditorium, daerah Tasting
KLIEN: NESTLE
DESAIN TAHUN: 2007
TANGGAL PENYELESAIAN: 2009
ARSITEKTUR PROYEK: ROJKIND Arquitectos
PENANGGUNG JAWAB: MICHEL ROJKIND
PEMIMPIN PROYEK: Agustin PEREYRA, Paulina GOYCOOLEA
TIM PROYEK: JUAN CARLOS VIDALS (3D massa), MORITZ MELCHERT, TERE LEVY, ISAAC SMEKE Jaber, Tomas Kristof, FRANCISCO Gordillo, Andres ALTESOR, Juan Pablo Espinosa
LANDSCAPE: ROJKIND Arquitectos
TEKNIK Facade: VYCISA [. JUAN PABLO Casillas, CYBELLE Hernández]
STRUKTURAL ENGINEER: JUAN Felipe Heredia
M.E.P.: QUANTUM DESAIN
NESTLE PENGAWASAN: Flavio Guerrero, Cristian Moreno
KONSTRUKSI: SLCI ENGINEER Jose Solis
MEBEL: ESRAWE DISEÑO / Arne Quinze / PM Steele
Karpet: INTERFACE

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 Mengenal Arsitektur Dunia | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER