Share/Bookmark

Water Cube Beijing, Cina







Water Cube Beijing, Cina

Desain: Peddle Thorp dan Walker - PTW dengan Arup

National Aquatics Centre - Water Cube
Olimpiade Beijing 2008 Lokasi
ETFE gelembung-pola façade - Kompetisi Arsitektur menang 2003

National Aquatics Centre, juga dikenal sebagai 'Water Cube ", akan menjadi salah satu tempat olahraga yang paling dramatis dan menarik untuk Olimpiade Beijing pada tahun 2008. Terlampir dalam dinding gelembung biru lima kolam renang, termasuk mesin gelombang dan wahana dan restoran, bersama dengan tempat duduk dan fasilitas untuk 17 000 penonton.

Cube Air terletak di Green Olimpiade, titik fokus untuk Olimpiade Beijing. Desain terpilih sebagai pemenang oleh orang-orang Cina dalam kompetisi untuk desain favorit mereka. Bentuk persegi Cube Air adalah refleksi dari simbol Cina untuk Bumi, sementara bentuk melingkar yang berdekatan dengan Stadion Nasional, juga desain-direkayasa oleh Arup, mewakili Surga.
Bentuk Pusat Aquatics terinspirasi oleh pembentukan gelembung sabun alami. Arup insinyur yang menyadari bahwa struktur berdasarkan geometri yang unik akan menjadi sangat repetitif dan buildable sementara muncul organik dan acak. Hasilnya adalah bentuk bangunan yang sangat sederhana secara teratur, dengan geometri yang sangat kompleks dalam façade yang digunakan untuk efek yang indah.

Struktur sangat berkelanjutan dilapisi dengan ETFE tembus (etil tetra fluoro etilena), sulit, bahan daur ulang yang beratnya hanya satu persen dari panel kaca berukuran setara. Kelongsong gelembung Pusat Aquatics memungkinkan lebih banyak cahaya dari kaca dan menyeluruh membersihkan diri dengan mandi setiap hujan. Ini juga merupakan insulator yang lebih baik dari kaca, dan jauh lebih tahan terhadap efek pelapukan sinar matahari.
Meskipun muncul rapuh, bentuk kulit dan struktur sangat kuat dan sangat ideal dengan kondisi seismik ditemukan di Beijing. Bahkan, sangat kuat bahwa model komputer Arup yang menunjukkan bahwa struktur dapat ditempatkan pada akhir dan tetap mempertahankan bentuknya.

Cube Air secara khusus dirancang untuk bertindak sebagai rumah kaca. Hal ini memungkinkan tingkat tinggi sinar matahari ke dalam bangunan dan, seperti kolam renang memerlukan banyak pemanas, memanfaatkan kekuatan matahari untuk pasif panas bangunan dan air kolam. Arup memperkirakan bahwa konsep berkelanjutan memiliki potensi untuk mengurangi konsumsi energi dari ruang kolam rekreasi dengan 30 persen, setara dengan menutupi seluruh atap di panel fotovoltaik.

Air Cube Beijing - Informasi Bangunan
Klien
Beijing Milik Negara Aset
Manajemen Co
Arup Lingkup Pekerjaan
Kendali multidisiplin layanan termasuk
struktural, mekanik dan listrik,
gedung fisika dan rekayasa api
Ukuran
177 x 177 x 31m
Rongga dinding 3.6m mendalam dan
membentuk rongga atap 7.2M mendalam
Luas Lantai Bruto
70 000m2
Tempat duduk
17 000 kursi
Manajer Proyek
Three Gorges Korporasi
Konsorsium Pemimpin
Negara Cina Teknik Konstruksi
Corporation (CSCEC)
Arsitek
PTW Architects & Negara Cina
Konstruksi Internasional
Desain Shenzhen Co Consulting
(CSCEC + DESAIN)
Dibuka
Januari 2008



National Aquatics Pusat Informasi di bawah ini dari PTW:
Penghargaan: 2004 Venice Biennale - Penghargaan untuk bagian pekerjaan yang paling dicapai Suasana

Lokasi: Beijing Olympic Green, Beijing, Republik Rakyat Cina

Konsultan: PTW Architects Dalam kaitannya dengan CSCEC dan Arup

Klien: Pemerintah Rakyat Kota Beijing, Beijing Aset milik negara Management Co, Ltd

PTW + + Arup CCDI memenangkan Kompetisi Desain Internasional untuk pusat air di Olimpiade Beijing 2008. Skema ini akan memenuhi standar internasional untuk kompetisi, sementara memaksimalkan manfaat sosial dan ekonomi. Selain menjadi lokasi kompetisi air untuk permainan, pusat akan menyediakan masyarakat multi-fungsi rekreasi dan fasilitas kebugaran sebelum dan sesudah pertandingan.


Konsep menggabungkan simbolisme persegi di budaya Cina dan struktur alami dari gelembung sabun diterjemahkan ke dalam bentuk arsitektur. Desain menggunakan state-of-the-art teknologi dan bahan-bahan untuk membuat bangunan yang secara visual mencolok, hemat energi, dan ekologis ramah.

Para Watercube mencolok e structur akan hemat energi dengan memaksimalkan cahaya alami dan menangkap energi matahari untuk memanaskan ruang interior serta kolam renang. Efisiensi air akan dicapai dengan pemanenan air hujan, daur ulang, filtrasi dan sistem backwash efisien.

HOME | ABOUT

Copyright © 2011 Mengenal Arsitektur Dunia | Powered by BLOGGER | Template by 54BLOGGER